Penggunaan E-Lkpd Berbasis Live Worksheet pada Konsep Protista terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Sman 7 Banjarmasin

Authors

  • Raudatul Mispa Universitas Lambung Mangkurat
  • Aminuddin Prahatama Putra Universitas Lambung Mangkurat,
  • Muhammad Zaini Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v3i01.478

Keywords:

pengaruh penggunaan e-LKPD, live worksheet, konsep protista, belajar kognitif proses

Abstract

Latar Belakang: Pada masa pandemi Covid-19 ini tidak mendukung pembelajaran secara offline, sehingga guru harus berinovasi agar lebih mudah memberikan materi ajar dan tugas kepada peserta didik tanpa adanya tatap muka. Salah satunya menggunakan e-LKPD live worksheet sebagai media pembelajaran dan evaluasi yang dapat diakses secara online kapan saja dan dimana saja.

Tujuan: Mendeskripsikan (1) pengaruh penggunaan e-LKPD berbasis live worksheet pada konsep protista terhadap hasil belajar kognitif produk (2) pengaruh penggunaan e-LKPD berbasis live worksheet pada konsep protista terhadap hasil belajar kognitif proses.

Metode: Menggunakan pendekatan quasi experiment dengan desain The Non-equivalent Control Group Design. Sampel penelitian adalah X MIPA 3 dan 4 yang masing-masing berjumlah 28 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 2 berjumlah 29 orang sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data untuk hasil belajar kognitif menggunakan uji Mann-Whitney.

Hasil: Menunjukkan (1) terdapat pengaruh penggunaan e-LKPD berbasis live worksheet terhadap hasil belajar kognitif produk peserta didik (sig. 0,045), (2) terdapat pengaruh penggunaan e-LKPD berbasis live worksheet terhadap hasil belajar kognitif proses peserta didik (sig. 0,038).

Kesimpulan: Penggunaan e-LKPD memberikan kemudahan bagi guru karena dapat menampilkan materi ajar dan tugas dalam bentuk gambar serta video, dapat menghemat waktu dan biaya. Kemudian penggunaan e-LKPD  ini memudahkan peserta didik untuk mengerjakan tugas secara daring kapan saja dan dimana saja selama terkoneksi dengan jaringan internet. Diharapkan dari hasil penelitian tentang penggunaan e-LKPD dapat digunakan dalam proses pembelajaran karena berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif produk dan proses peserta didik.

Downloads

Published

2022-01-12

How to Cite

Mispa, R., Prahatama Putra, A., & Zaini, M. (2022). Penggunaan E-Lkpd Berbasis Live Worksheet pada Konsep Protista terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Sman 7 Banjarmasin . Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(01), 1–12. https://doi.org/10.59141/japendi.v3i01.478