Penggunaan E-Lkpd Berbasis Live Worksheet pada Konsep Protista terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Sman 7 Banjarmasin
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v3i01.478Keywords:
pengaruh penggunaan e-LKPD, live worksheet, konsep protista, belajar kognitif prosesAbstract
Latar Belakang: Pada masa pandemi Covid-19 ini tidak mendukung pembelajaran secara offline, sehingga guru harus berinovasi agar lebih mudah memberikan materi ajar dan tugas kepada peserta didik tanpa adanya tatap muka. Salah satunya menggunakan e-LKPD live worksheet sebagai media pembelajaran dan evaluasi yang dapat diakses secara online kapan saja dan dimana saja.
Tujuan: Mendeskripsikan (1) pengaruh penggunaan e-LKPD berbasis live worksheet pada konsep protista terhadap hasil belajar kognitif produk (2) pengaruh penggunaan e-LKPD berbasis live worksheet pada konsep protista terhadap hasil belajar kognitif proses.
Metode: Menggunakan pendekatan quasi experiment dengan desain The Non-equivalent Control Group Design. Sampel penelitian adalah X MIPA 3 dan 4 yang masing-masing berjumlah 28 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 2 berjumlah 29 orang sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data untuk hasil belajar kognitif menggunakan uji Mann-Whitney.
Hasil: Menunjukkan (1) terdapat pengaruh penggunaan e-LKPD berbasis live worksheet terhadap hasil belajar kognitif produk peserta didik (sig. 0,045), (2) terdapat pengaruh penggunaan e-LKPD berbasis live worksheet terhadap hasil belajar kognitif proses peserta didik (sig. 0,038).
Kesimpulan: Penggunaan e-LKPD memberikan kemudahan bagi guru karena dapat menampilkan materi ajar dan tugas dalam bentuk gambar serta video, dapat menghemat waktu dan biaya. Kemudian penggunaan e-LKPD ini memudahkan peserta didik untuk mengerjakan tugas secara daring kapan saja dan dimana saja selama terkoneksi dengan jaringan internet. Diharapkan dari hasil penelitian tentang penggunaan e-LKPD dapat digunakan dalam proses pembelajaran karena berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif produk dan proses peserta didik.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.