Penerapan Metode Go to Your Post (Bergerak Ke Arah Yang Dipilih) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Siswa

Authors

  • Rosdiyani Rosdiyani Program Pendidikan Sekolah Dasar, STKIP Rokania
  • Eka Yanti Program Pendidikan Sekolah Dasar, STKIP Rokania
  • Rejeki Rejeki Program Pendidikan Sekolah Dasar, STKIP Rokania

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v3i01.480

Keywords:

Holywood Square, Hasil belajar, Tematik

Abstract

Latar Belakang:  Ketidak tercapainya tujuan pembelajaran tergambar dari nilai ulangan harian siswa pada pembelajaran tematik siswa hanya 27 siswa.

Tujuan: Untuk keberhasilan dan ketuntasan belajar siswa dalam proses pembelajaran.

Metode: Bentuk penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan model ngumpulkan beberapa lembar aktivitas siswa, penelitian, dan lembar soal. Subjek penerima tindakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV semester Ganjil 2021/2022 sebanyak 27 siswa.

Hasil: Penelitian ini dilihat dari siklus I pertemuan pertama menjadi sebanyak 27 siswa 46% yang mencapai KKM. Pada siklus I pertemuan kedua juga mengalami peneingkatan lagi, sebanyak 27 siswa 58%. Pada tindakan siklus II pertemuan pertama diketahui hasil belajar siswa meningkat kembali dari 27 (63%) siswa telah mencapai KKM. Pada pertemuan kedua didapatkan hasil belajar siswa sangat memuaskan yaitu dari 27 siswa (87%).

Kesimpulan: Bahwa penerapan metode go to your post (bergerak ke arah yang dipilih) untuk meningkatkan hasil belajar tematik siswa Kelas iv sd negeri 001 rambah.

Published

2022-01-21

How to Cite

Rosdiyani, R., Yanti, E., & Rejeki, R. (2022). Penerapan Metode Go to Your Post (Bergerak Ke Arah Yang Dipilih) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(01), 51–56. https://doi.org/10.59141/japendi.v3i01.480