Penerapan Pembelajaran Bahasa Inggris Berdasarkan Kebijakan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Negeri 155 Gresik

Authors

  • Andini Cesare Ardaya Universitas Diponegoro Semarang, Indonesia
  • Salsa Annisa Rahmadani Universitas Diponegoro Semarang, Indonesia
  • Fitri Alfarisy Universitas Diponegoro Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v3i01.481

Keywords:

Sekolah Dasar, Bahasa Inggris, Kurikulum 2013

Abstract

Latar Belakang: Bahasa Inggris merupakan mata pelajaran yang diajarkan di sekolah-sekolah di Indonesia, hingga adanya kebijakan kurikulum 2013, mata pelajaran Bahasa Inggris menjadi mata pelajaran yang tidak diwajibkan. Hal ini menimbulkan pertanyaan mengenai kedudukan mata pelajaran Bahasa Inggris terutama di Sekolah Dasar.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran Bahasa Inggris dalam kurikulum 2013.

Metode: Data ini diambil melalui wawancara dan dokumentasi. Sekolah Dasar Negeri 155 Gresik merupakan salah satu Sekolah Dasar di Indonesia yang menerapkan Kurikulum 2013 dan masih menjadikan Bahasa Inggris sebagai mata pelajaran di sekolah.

Hasil: Menunjukkan bahwa penerapan kebijakan kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Negeri 155 Gresik masih mencantumkan Bahasa Inggris sebagai mata pelajaran di sekolah yang kedudukannya ada di dalam kegiatan ekstrakurikuler.

Kesimpulan: Bahasa Inggris masih dipertahankan karena kedudukannya yang masih penting dan bahkan menjadi nilai lebih bagi Sekolah Dasar Negeri 155 Gresik sebagai sekolah yang unggul.

Downloads

Published

2022-01-12

How to Cite

Cesare Ardaya, A. ., Annisa Rahmadani, S. ., & Alfarisy, F. . (2022). Penerapan Pembelajaran Bahasa Inggris Berdasarkan Kebijakan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Negeri 155 Gresik . Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(01), 25–33. https://doi.org/10.59141/japendi.v3i01.481