Pengembangan Modul Biologi Bervisi SETS Pada Materi Pencemaran Lingkungan Sekolah Menengah Atas Negeri

Authors

  • Ferdinan Lekman SMAN 01 Sampara Sulawesi Tenggara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v1i04.51

Keywords:

Modul Biologi; SETS; Pencemaran Lingkungan

Abstract

Pembelajaran  biologi  khususnya  materi  pencemaran  lingkungan  SMA Negeri  1 Sampara  belum  sepenuhnya   mengoptimalkan  pembelajaran   bervisi SETS. Komponen- komponen dalam SETS yang meliputi sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat belum semuanya terlaksana dalam kegiatan pembelajaran materi pencemaran lingkungan. Pembelajaran materi pencemaran lingkungan, siswa cenderung diberikan contoh fenomena- fenomena biologi yang berupa gambar atau cerita, sehingga sumber belajar yang terdapat di sekitar lingkungan sekolah dan tempat tinggal siswa belum termanfaatkan secara optimal. Pengembangan modul biologi untuk pembelajaran materi pencemaran lingkungan dengan memanfaatkan potensi lokal yang ada di sekitar sekolah dan lingkungan tempat tinggal siswa yang bervisi Science, Environment, Technology, and Society (SETS) diharapkan mampu mengembangkan kemampuan siswa dalam menghubungkan ilmu pengetahuan dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari, sehingga mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis bahan ajar yang digunakan untuk  pembelajaran  materi  pencemaran  lingkungan  di  SMA  N  1 Sampara dan untuk mengetahui    kelayakan   pengembangan   modul   biologi   bervisi   SETS   pada   materi pencemaran  lingkungan  sebagai  bahan  ajar  di  SMA  Negeri  1 Sampara. Penelitian ini merupakan penelitian research and development dengan desain penelitian pretest-posstest control   group   design.   Penelitian   dilaksanakan   pada   semester   genap   tahun   ajaran 2018/2019  di  SMA Negeri  1  Sampara  pada siswa kelas X dengan sampel dua kelas yang dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Kedua kelas yang digunakan sebagai sampel masing- masing  diberi  pretest  dan  posttest,  tetapi  kedua  kelas  diberi perlakuan  berbeda. Kelas eksperimen diberi modul biologi bervisi SETS, sedangkan kelas kontrol diajar dengan metode ceramah tanpa menggunakan modul biologi bervisi SETS. Hasil analisis penilaian pakar dan angket tanggapan siswa serta guru menunjukkan bahwa modul Biologi bervisi SETS valid dan layak untuk dikembangkan.  Hasil  uji  gain menunjukkan  adanya  peningkatan  hasil  posttest pada kelas eksperimen dan kontrol. Nilai gain pada kelas eksperimen adalah 0,55 sedangkan  pada  kelas  kontrol  adalah  0,37.  Hasil analisis  uji  t  menunjukkan adanya perbedaan rata-rata yang signifikan antara kelas control dan kelas eksperimen.

Downloads

Published

2020-12-25

How to Cite

Ferdinan Lekman. (2020). Pengembangan Modul Biologi Bervisi SETS Pada Materi Pencemaran Lingkungan Sekolah Menengah Atas Negeri. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(04), 519–534. https://doi.org/10.59141/japendi.v1i04.51