Metode PBL untuk Meningkatkan Prestasi Siswa pada Mata Pelajaran Pengelolaan Bisnis Barang dan Jasa Sekolah Menengah Kejuraan Negeri

Authors

  • Regina Kondong SMKN 01 Unaaha Sulawesi Tenggara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v1i04.52

Keywords:

Pembelajaran PBL, Prestasi Belajar

Abstract

Berdasarkan hasil analisis data dan refleksi pada setiap siklus, maka penulis dapat menarik kesimpulan dan mengemukakan saran sebagai berikut : Menjadikan suasana pembelajaran atau kelas yang menyenangkan merupakan suatu hal yang harus terlaksana dengan baik, karena itu guru atau pendidik dituntut untuk menyadari bahwa betapa penting penerapan model-model pembelajaran. Dengan penerapan model-model pembelajaran yang bervariasi maka dapat menciptakan suasana belajar yang efektif, efisien dan menyenangkan sehingga akan mempengaruhi terhadap keberhasilan mata pelajaran yang dipelajari oleh siswa. Tujuan penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Problem   Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Mata Pelajaran Pengelolaan Bisnis Barang dan Jasa Kelas XI Bisnis dan Pemasaran  SMK Negeri 1 Unaaha Tahun 2018. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah   Bagaimanakah   Penerapan   Model   Problem   Base   Learing   pada   pembelajaran Pengelolaan Bisnis Barang dan Jasa di Kelas XI Bisnis dan Pemasaran  SMK N1. Unaaha? Bagaimanakah Hasil Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pengelolaan Bisnis Barang dan Jasa di Kelas XI Bisnis dan Pemasaran  SMK N 1 Unaaha dengan Penerapan Model Problem Base Learing? Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus II. Subjek dan objek dari penelitian ini adalah   Kelas XI Bisnis dan Pemasaran  SMK N 1 Unaaha sebanyak 32 orang siswa. Dari analisis pada post test siklus I siswa yang memperoleh nilai < 80 sebanyak 6 siswa (18,75%) dan siswa yang memperoleh nilai > 80 sebanyak 26 siswa dengan prosentase ketuntasan  (81,25%) dengan rata-rata kelas 78,25%. Sedangkan nilai post test pada siklus II siswa yang memperoleh nilai < 80 sebanyak 0 siswa (0%) dan siswa yang memperoleh nilai >80 sebanyak 32 siswa dengan prosentase ketunasan (100%), dengan rata-rata kelas 89,38%. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan presentase ketuntasan 100%. Hal ini berdasarkan  Kriteria  Ketuntasan Minimum (KKM) yang telah terpenuhi yaitu  80.  Dengan demikian peneliti bisa mengakhiri penelitian, karena hasil belajar siswa sudah sesuai dengan apa yang diharapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Problem   Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Mata Pelajaran Pengelolaan Bisnis Barang dan Jasa Kelas XI Bisnis dan Pemasaran  SMK Negeri 1 Unaaha Tahun 2018 berhasil.

Downloads

Published

2020-12-25

How to Cite

Regina Kondong. (2020). Metode PBL untuk Meningkatkan Prestasi Siswa pada Mata Pelajaran Pengelolaan Bisnis Barang dan Jasa Sekolah Menengah Kejuraan Negeri. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(04), 569–582. https://doi.org/10.59141/japendi.v1i04.52