Pemahaman Konsep IPA Ditinjau dari Konsep Diri dan Kemandirian Belajar Siswa

Authors

  • Susi Susilawati Pascasarjana Universitas Indrapasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v3i01.540

Keywords:

konsep; , IPA; , kemandirian

Abstract

Latar Belakang: Secara alamiah IPA memiliki konsep pemikiran dan pemahaman yang terintegrasi dalam pengembangan kemampuan berpikir yang sistematis dan analitis. Melalui pendidikan IPA diharapkan siswa akan memperoleh pengalaman dalam bentuk kemampuan untuk bernalar induktif dengan berbagai konsep dan prinsip IPA.

Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh konsep diri dan kemandirian belajar siswa terhadap pemahaman konsep IPA melalui data empiris di lapangan.

Metode: Menggunakan penelitian survei dengan menggunakan tehnik analisis korelasional dan regresi, yaitu mencari hubungan dan pengaruh antara dua variabel bebas dengan satu variabel terikat.

Hasil: Terdapat pengaruh yang signifikan konsep diri dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap pemahaman konsep IPA. Hal ini dibuktikan dengan nilai Fo= 254,500 dan Sig. 0,000 < 0,05. Secara bersama-sama konsep diri dan kemandirian belajar memberikan kontribusi sebesar 86,4% terhadap variabel pemahaman konsep IPA.

Kesimpulan: Bahwa konsep diri dan kemandirian belajar secara bersama-sama telah memberikan pengaruh positif terhadap pemahaman konsep IPA siswa SMP Negeri -Kecamatan Jatisari Kabupaten Karawang.

Downloads

Published

2022-01-22

How to Cite

Susilawati, S. (2022). Pemahaman Konsep IPA Ditinjau dari Konsep Diri dan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(01), 57–78. https://doi.org/10.59141/japendi.v3i01.540