Motivasi Belajar Bahasa Jepang untuk Mahasiswa Program Studi Bahasa Jepang di Universitas Diponegoro Saat Pandemi COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v3i01.541Keywords:
motivasi;, belajar Bahasa Jepang;, pandemi.Abstract
Latar Belakang: Prestasi belajar bahasa Jepang pada saat pandemi COVID-19 dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor yang perlu diperhatikan dengan kaitan proses belajar mengajar diantara lain adalah motivasi belajar dan metode pembelajaran
Tujuan: Untuk dapat mengetahui pengaruh metode pembelajaran dengan motivasi belajar maka diperlukan penelitian agar diperoleh jawaban yang akurat.
Metode: Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan adalah melalui wawancara
Hasil: Motivasi belajar bahasa Jepang di SMK Universitas Diponegoro. Dalam hal ini motivasi sangat dibutuhkan untuk memotivasi siswa untuk belajar karena motivasi merupakan aspek penting keberhasilan siswa. Tentunya berdasarkan keberhasilan siswa, sebelum menerima hambatan dan tantangan belajar di masa pandemi. Kendala tersebut datang dari berbagai bentuk, seperti kendala jaringan, maupun kendala dari kondisi keluarga siswa. Sementara itu, kendala yang ditimbulkan oleh siswa sendiri adalah kurangnya kesadaran untuk mengikuti pembelajaran online.
Kesimpulan: Penelitian pendahuluan yang akan berfokus pada bagaimana motivasi belajar bahasa Jepang mahasiswa Program Studi konsentrasi bahasa Jepang di Universitas Diponegoro.