Pemanfaatan Google Classroom untuk meningkatkan hasil belajar IPS di masa pandemi COVID-19 pada siswa kelas VII-5 SMPN 3 Depok

Authors

  • Linawati Linawati SMP Negeri 3 Depok

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v3i01.546

Keywords:

Google Classroom;, Pandemik Covid-19;, siswa Kelas VII-5.

Abstract

Latar Belakang: Kondisi  pandemi covid 19  dan pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) menyebabkan pembelajaran dilakukan dari rumah  (BDR). Kondisi  ini tentu saja membutuhkan  suatu  aplikasi  yang  menunjang pembelajaran dan hasil belajar siswa secara daring yang bisa dimonitor, dinilai, dan diintegrasikan  seperti Google Classrom.

Tujuan: Mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil  belajar melalui pemanfaatan media Google Classroom selama pandemik pada siswa kelas VII-5  SMP Negeri 3 Depok,  Tahun Pelajaran 2020/2021 dalam bidang studi IPS, khususnya pada materi Lembaga Sosial.

Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus Data yang digunakan adalah data kuantitatif  deskriptif  yang diambil dari hasil belajar siswa sebelum dan sesudah dilakukan tindakan pemanfaatan google classroom sebagai media  pembelajaran

Hasil: Pemanfaatan google classroom pada siswa VII.5 SMPN 3 Depok menunjukkan hasil persentase   ketuntasan belajar prasiklus sebesar  65%,  siklus I  77,5%,  dan siklus II  87,5%. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan secara keseluruhan sebesar 32,5%.

Kesimpulan: Dengan demikan dapat disimpulkan bahwa  pemanfaatan google classroom dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-5 SMPN 3 Depok tahun pelajaran 2020/2021 secara signifikan.

Downloads

Published

2022-01-21

How to Cite

Linawati , L. . (2022). Pemanfaatan Google Classroom untuk meningkatkan hasil belajar IPS di masa pandemi COVID-19 pada siswa kelas VII-5 SMPN 3 Depok. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(01), 86–104. https://doi.org/10.59141/japendi.v3i01.546