Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Berbasis Pendekatan Culturally Responsive

Authors

  • Nabila Hasna Rafilah Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Endis Firdaus Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Agus Fakhrudin Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v5i10.5897

Keywords:

Culturally Responsive Teaching, Pembelajaran PAI, Budaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti penerapan pendekatan Culturally Responsive Teaching dalam pembelajaran pendidikan agama islam di sekolah. CRT merupakan pendekatan pembelajaran yang menekankan pengakuan dan pengintegrasian keanekaragaman budaya, latar belakang, dan pengalaman siswa dalam proses pembelajaran. Studi ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan melibatkan peserta didik dari berbagai latar belakang budaya. Data dikumpulkan melalui observasi kelas selama kegiatan belajar mengajar berlangsung dan wawancara. Integrasi CRT dalam pembelajaran PAI dapat membantu menciptakan lingkungan pembelajaran yang inklusif, mempromosikan pemahaman lintas budaya, dan meningkatkan kemampuan belajar peserta didik. Studi ini juga memberikan pandangan yang lebih komprehensif tentang pentingnya mengakui dan merespons keanekaragaman budaya dalam konteks pendidikan agama, yang pada gilirannya dapat meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah.

Downloads

Published

2024-10-30

How to Cite

Rafilah, N. H. ., Firdaus, E. ., & Fakhrudin, A. . (2024). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Berbasis Pendekatan Culturally Responsive. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(10), 1088–1097. https://doi.org/10.59141/japendi.v5i10.5897