Analisis Kebijakan Pembiasaan Shalat Dhuha dalam Meningkatkan Sikap Disiplin Pada Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar Muhammadiyah PK Wonosegoro
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v5i11.5902Keywords:
pembiasaan, sikap disiplin, anak sekolah dasar, shalat dhuhaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan sikap disiplin anak sekolah dasar melalui kegiatan shalat dhuha. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus serta menggunakan wawancara mendalam pada anak sekolah dasar kelas III dan guru pendamping guna untuk memperoleh gambaran yang lengkap dan utuh tentang perubahan sikap disiplin peserta didikkelas 3 di SD Muhammadiyah PK Wonosegoro. Data diolah dan dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini terlihat bahwa ada peningkatan kesadaran peserta didik dalam memahami waktu untuk melaksanakan shalat dhuha, hal-hal apa saja yang harus dihindari saat melaksanakan shalat dhuha, dan peserta didik juga memahami tugasnya seperti bergilir untuk menjadi imam serta surah yang harus dibaca tanpa arahan dari guru lagi. Selain itu, peserta didik juga tidak ada lagi yang berangkat terlambat, semuanya bisa hadir sebelum pukul 07.00 pagi.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dewi Widyawati, Huzdaeni Rahmawati, Fira Miftahul Ulum, Indah Sarastiti, Jihaan Mumtaazah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.