Penerapan Model Project Based Learning (PJBL) Menggunakan Media Pembelajaran Weblog pada Materi Laju Reaksi
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v3i03.610Keywords:
Media Weblog, Model Pembelajaran Berbasis ProyekAbstract
Negara Indonesia tingkat pendidikan tergolong rendah dibandingkan negara lain. Usaha guna menaikkan derajat pendidikan ialah dengan melakukan modernisasi sistem pendidikan, yaitu merubah sistem kurikulum secara terus-menerus dari kurikulum 1968 hingga kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan model Project Based Learning (PJBL) dengan menggunakan media pembelajaran weblog terhadap hasil belajar siswa dan motivasi belajar siswa pada materi laju reaksi. Teknik analisis yang digunakan adalah uji N-Gain untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar dari nilai pretest dan posttest, data motivasi belajar, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Rata-rata peningkatan hasil belajar (gain) dari data pretest dan posttest untuk kelas eksperimen adalah 82,31 dan rata-rata gain dari data pretest dan posttest untuk kelas kontrol adalah 71,92. Rata-rata motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 79,7243 dan rata-rata motivasi belajar siswa pada kelas kontrol sebesar 71,92309. Semua data berdistribusi normal dan homogen. Uji korelasi antara motivasi dengan peningkatan hasil belajar yang diajarkan dengan model PJBL menggunakan media pembelajaran weblog pada topik laju reaksi diperoleh rhitung sebesar 0,880, yang berarti terdapat hubungan positif antara motivasi dengan hasil belajar siswa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.