Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Kotamobagu Sulawesi Utara

Authors

  • Bernadina Waha Labuan Sekolah Tinggi Pastoral Don Bosco Tomohon, Indonesia
  • Monica Sangkay Sekolah Tinggi Pastoral Don Bosco Tomohon, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v5i11.6278

Keywords:

Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Guru, Kurikulum Merdeka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Kepemimpinan Kepala sekolah dan Motivasi Guru terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Nageri 1 Kotamobagu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan korelatif dengan tujuan untuk menguji hipotesis mengenai besar kecilnya pengaruh dan ada atau tidaknya hubungan antara variabel bebas (X1 dan X2) dan variabel terikat (Y). Sampel dalam penelitian ini sesuai rumus Slovin berjumlah 73 orang. Instrumen penelitian yang digunakan yakni membagikan kuesioner dengan alternatif jawaban yang sesuai bentuk pernyataan yang disediakan. Sebelum melakukan analisis data dilakukan uji persyaratan analisis terlebih dahulu yakni uji normalitas, uji linearitas dan uji multikolinearitas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis Regresi Linear berganda. hasil penelitian yang telah dilakukan yakni Kepemimpinan Kepala Sekolah memiliki pengaruh signifikan terhadap implementasi kurikulum merdeka di SMA Negeri 1 Kotamobagu dengan nilai signifikansi 0.009 < 0.05. Motivasi guru memiliki pengaruh signifikan terhadap implementasi kurikulum merdeka di SMA Negeri 1 Kotamobagu dengan nilai signifikansi (Sig.) 0.000 < 0.05. Kepemimpina kepala sekolah dan motivasi guru mempengaruhi implementasi kurikulum merdeka di SMA Negeri 1 Kotamobagu dengan nilai signifikan 0.000 < 0.05.

Downloads

Published

2024-11-25

How to Cite

Waha Labuan, B., & Sangkay, M. (2024). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Kotamobagu Sulawesi Utara. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(11), 1342–1356. https://doi.org/10.59141/japendi.v5i11.6278