Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Jasmani Siswa Sekolah Dasar Dengan Metode Pembelajaran Blended Learning Menggunakan Media Inovatif

Authors

  • Hendra Lesmawan Universitas PGRI Palembang
  • Widya Handayani Universitas PGRI Palembang
  • Muhsana El Cintami Lanos Universitas PGRI Palembang
  • Siti Ayu Risma Putri Universitas PGRI Palembang
  • Jujur Gunawan Manullang Universitas PGRI Palembang
  • Machiavelli Herman Tarmizi Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v5i11.6289

Keywords:

Metode Blended Learning, Media Inovatif, Motivasi Belajar

Abstract

Kemajuan teknologi saat ini telah mengubah semua dimensi kehidupan manusia, tidak terkecuali perubahan pada dunia Pendidikan. Teknologi dan dunia pendidikan adalah dua hal yang tidak bisa terpisahkan, yang saling mempengaruhi satu sama lain.  Sehingga tidak bisa dipungkiri bahwa dalam mempersiapkan pembelajaran, guru dituntut harus selalu menyesuaikan dengan teknologi sehingga baik proses maupun hasil pembelajaran tidak akan tertinggal dari perkembangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penerapan metode pembelajaran blended learning menggunakan media inovatif terhadap motivasi belajar Pendidikan Jasmani siswa Sekolah Dasar. Dengan perkembangan teknologi pendidikan, blended learning menawarkan kombinasi antara pembelajaran tatap muka dan pembelajaran daring yang dapat meningkatkan interaksi serta keterlibatan siswa. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh maka hipotesis dalam penelitian ini yaitu jika diterapkan Metode Blended Learning menggunakan Media Inovatif, maka Motivasi Belajar Siswa kelas V SDN 01 Tiuh Balak pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani, olahraga dan Kesehatan meningkat, dapat diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Metode Blended Learning menggunakan Media Inovatif dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SDN 01 Tiuh Balak, Kecamatan Baradatu, Kabupaten Way Kanan, Provinsi Lampung, Indonesia.

Downloads

Published

2024-11-26

How to Cite

Lesmawan, H., Handayani, W., Lanos, M. E. C., Putri, S. A. R., Manullang, J. G., & Tarmizi, M. H. (2024). Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Jasmani Siswa Sekolah Dasar Dengan Metode Pembelajaran Blended Learning Menggunakan Media Inovatif. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(11), 1582–1589. https://doi.org/10.59141/japendi.v5i11.6289