Manajemen Digital Public Relations Duta Wisata Kakang Mbakyu Kota Malang Melalui Konten Virtual Tour
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v5i11.6300Keywords:
Manajemen, Digital Public Relations, Virtual Tour, Duta Wisata, ImageAbstract
Penelitian ini adalah studi kualitatif deskriptif yang menggunakan wawancara mendalam dan dokumentasi sebagai data sekunder untuk mengeksplorasi manajemen Digital Public Relations Duta Wisata Kakang Mbakyu Kota Malang melalui konten virtual tour. Informan penelitian adalah pengurus inti Kabinet Kakang Mbakyu yang terlibat langsung dalam manajemen segmen virtual tour @kangyumalang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen Digital Public Relations ini tidak hanya berfungsi sebagai ajang promosi, tetapi juga bertujuan untuk membina dan meningkatkan hubungan dengan para stakeholder, serta memperbaiki citra dan reputasi Kota Malang. Dalam adaptasi terhadap kemajuan teknologi, Kakang Mbakyu memanfaatkan media digital untuk komunikasi dua arah yang efektif. Kakang Mbakyu mengembangkan dua segmen virtual tour: "Iki Lho Ngalam," yang membahas destinasi wisata viral, dan "Malang Pedia," yang fokus pada destinasi wisata sejarah. Sebagai representasi pariwisata Pemerintah Kota Malang, organisasi ini perlu terus memperhatikan manajemen Digital Public Relations untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Manajemen ini dilakukan melalui empat tahapan utama: riset, perencanaan dan pemrograman, aksi dan komunikasi, serta evaluasi. Upaya ini bertujuan untuk memenuhi tugas Duta Wisata sebagai promotor, edukator, dan inisiator dalam memperkenalkan Kota Malang
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Addinda Sekar Puteri Pradiastuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.