Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Stem - Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Keterampilan Kolaborasi Siswa SD

Authors

  • Vivi Sumanti Universitas Terbuka
  • Amprasto Amprasto Universitas Terbuka, Indonesia
  • Astri Dwi Jayanti Suhandoko Universitas Terbuka, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v6i1.6665

Keywords:

STEM-Project Based Learning, Keterampilan Berpikir Kritis, Keterampilan Kolaborasi, Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Kurikulum Merdeka

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis STEM-Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi siswa SD. Metode penelitian menggunakan model pengembangan four-D (4D), meliputi tahap define, design, develop, dan disseminate. Validasi ahli dan praktisi menunjukkan perangkat ini "sangat valid" dengan revisi kecil yang mencakup penyempurnaan modul ajar dan LKPD. Uji coba perangkat pada siswa kelas IV SDN 37 Kendo menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi, dengan skor posttest yang lebih tinggi pada kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol. Analisis data menggunakan independent sample t-test menunjukkan nilai Cohen's d dalam kategori "besar," membuktikan efektivitas perangkat ini. Penyebaran perangkat dilakukan melalui Kelompok Kerja Guru (KKG) untuk mendukung implementasi di sekolah lain. Penelitian ini merekomendasikan pelatihan guru, pengadaan sarana pendukung, dan pengembangan perangkat pembelajaran berbasis STEM-PjBL untuk materi IPAS lainnya.

Downloads

Published

2025-01-16

How to Cite

Sumanti, V., Amprasto, A., & Suhandoko, A. D. J. . (2025). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Stem - Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Keterampilan Kolaborasi Siswa SD. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 130–155. https://doi.org/10.59141/japendi.v6i1.6665