Perspektif Islam terhadap Pendidikan dan Kemasyarakatan: Sebuah Kajian Komprehensif
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v6i2.7044Keywords:
perspektif Islam, pendidikan, kemasyarakatanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara lebih komprehensif terkait pendidikan dan kemasyarakatan dalam perspektif Islam. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan literature review sebagai teknik pengumpulan data, sehingga data yang digunakan berupa materi tekstual yang bersifat kredibel dan terpercaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pendidikan dan kemasyarakatan dalam perspektif Islam memiliki makna yang sama, yakni tidak hanya berfokus pada kehidupan duniawi, tetapi juga kehidupan akhirat. Pendidikan Islam memiliki tiga kata kunci penting yang meliputi tarbiyah (mendidik), ta’lim (berpengetahuan), dan ta’dib (moral). Ketiga istilah tersebut menggarisbawahi pentingnya hubungan multilateral antara manusia dan masyarakat, manusia dan lingkungan, serta manusia dan Tuhan. Selain itu, Islam juga memandang bahwa terdapat tiga faktor utama yang perlu diterapkan di dalam kemasyarakatan, yakni keimanan kepada Tuhan, melaksanakan amar ma’ruf (perbuatan baik), dan melaksanakan nahi mungkar (menghindari perbuatan buruk). Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa pendidikan dan kemasyarakatan dalam perspektif Islam bersifat luas dan holistik dengan berfokus pada kehidupan duniawi dan kehidupan akhirat.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hani Hilyati Ubaidah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.