Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas Vii.3 SMP Negeri 5 Depok Melalui Model Project Based Learning Berbantuan Media Film
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v2i01.72Keywords:
Keterampilan menulis; Teks cerita fantasi; media; film pendekAbstract
Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis teks cerita fantasi melalui penggunaan project problem based lerning (PJBL) dengan berbantuan media film pada siswa kelas VII.3 SMP Negeri 5 Depok. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif dengan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan evaluasi atau refleksi. berasarkan analisis data dan observasi penelitian diketahui bahwa penggunaan model project based learning dengan media film mampu meningkatkan keterampilan menulis teks cerita fantasi pada siswa kelas VII 3 SMP Negeri 5 Depok secara signifikan. Hasil penelitian ini yaitu menulis teks cerita fantasi menggunakan model project based learning berbantuan media film diketahui sebagai berikut. Hasil tes siklus I adalah 73,75. Nilai rata-rata tes siklus I tersebut belum mencapai KKM (75.) Sedangkan siswa yang mencapai dan melampau KKM sebanyak 29 siswa atau sebesar 87,87%. Kesimpulannya yaitu penggunaan model project based learning berbantuan media film dapat dijadikan referansi dan alterntif model pembelajaran yang efektif dan bermakna bagi pembelajaran menulis teks cerita fantasi atau pada pembelajaran lainnya yang memiliki kekhasan yang sama.