Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas Vii.3 SMP Negeri 5 Depok Melalui Model Project Based Learning Berbantuan Media Film

Authors

  • Sri Margawati SMP Negeri 5 Depok, Jawa Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v2i01.72

Keywords:

Keterampilan menulis; Teks cerita fantasi; media; film pendek

Abstract

Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis teks cerita fantasi melalui penggunaan project problem based lerning (PJBL) dengan  berbantuan media film  pada siswa kelas VII.3 SMP Negeri 5 Depok. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif dengan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi,  dan evaluasi atau refleksi. berasarkan analisis data dan observasi penelitian diketahui bahwa penggunaan model project based learning dengan media film  mampu meningkatkan keterampilan menulis teks cerita fantasi pada siswa kelas VII 3 SMP Negeri 5 Depok  secara signifikan. Hasil penelitian ini yaitu menulis teks cerita fantasi menggunakan model project based learning berbantuan media film diketahui sebagai berikut. Hasil tes siklus I adalah 73,75. Nilai rata-rata tes siklus I  tersebut belum mencapai  KKM (75.) Sedangkan siswa yang mencapai dan melampau KKM sebanyak 29 siswa atau sebesar 87,87%. Kesimpulannya yaitu penggunaan model project based learning berbantuan media film dapat dijadikan referansi dan alterntif model pembelajaran yang efektif dan bermakna bagi pembelajaran menulis teks cerita fantasi atau pada pembelajaran lainnya yang memiliki kekhasan yang sama.

Downloads

Published

2021-01-25

How to Cite

Sri Margawati. (2021). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas Vii.3 SMP Negeri 5 Depok Melalui Model Project Based Learning Berbantuan Media Film. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(01), 95–104. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i01.72