Pengaruh Self-Regulated Learning dan Motivasi Belajar Terhadap Keterampilan Memecahkan Masalah pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v6i2.7235Keywords:
SRL, Motivasi Belajar, Keterampilan Memecahkan MasalahAbstract
Hasil PISA siswa Indonesia yang berusia 15 tahun pada literasi dan numerasi sampai saat ini masih fluaktif, peristiwa learning loss hampir setiap daerah Pasca Covid-19 dan perubahan kurikulum dibutuhkan strategi yang dapat menghadapi tantangan peristiwa tersebut. Adapun strategi yang digunakan adalah self regulated learning (SRL) dan Motivasi Belajar. Strategi pembelajaran self regulated learning merupakan strategi pembelajaran mandiri melalui proses yang bersifat multiaspek yaitu aspek kognitif dan afektif, perilaku dan kontekstual. Sedangkan Motivasi Belajar menjadi pemicu dorongan awal bagi siswa untuk menerapkan tujuan belajar yang jelas, memilih strategi yang tepat, dan terus mengevaluasi kemajuan belajarnya dan menjadikan siswa pembelajar sepanjang hayat. Kedua variabel tersebut untuk mengukur tingkat keterampilan memecahkan masalah siswa pada Mata Pelajaran Matematika kelas V Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah Kuasi Eksperimen dengan desain nonequievalent pretest and postteset control group design. Populasi kelas 5 Sekolah Dasar berjumlah 91 siswa yang terdiri dari kelas A, B, dan C. Sedangkan sampel yang digunakan 60 siswa dengan rincian kelas 5 A berjumlah 30 siswa dan kelas 5 B berjumlah 30 siswa. Data dikumpulkan melalui tes tertulis, angket dan observasi. Hasil rata-rata keterampilan awal kelas eksperimen 35,67, median 34,00 dan standar deviasi 12,796. Sedangkan untuk rata-rata keterampilan awal kelas kontrol 28,97, median 26,00 dan standar deviasi 9,932. Hasil Uji N-Gain Score 0.6998. Uji Mann Whitney 0,020 < 0,050. Dan Uji N-Gain Score per-Indikator Keterampilan masalah kategori Rendah yaitu dibawah 0,30.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Al Hasan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.