Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Kepercayaan Terhadap Penggunaan E-Commerce Pada Website Halodoc dengan Persepsi Manfaat Sebagai Mediasi

Authors

  • Nandita Rahma Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Indonesia
  • Herni Justiana Astuti Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Indonesia
  • Dian Widyaningtyas Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Indonesia
  • Meydy Fauziridwan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v6i2.7294

Keywords:

Website, E-commerce, Persepsi kemudahan penggunaan, Kepercayaan, Persepsi manfaat, Penggunaan teknologi

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis dan membahas pengaruh persepsi kemudahan penggunaan, kepercayaan, dan persepsi manfaat sebagai mediator terhadap penggunaan e-commerce. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner menggunakan Google Form. Penelitian ini menggunakan metode SEM (Structural Equation Model) dengan pendekatan PLS (Partial Least Square) versi 3.0. Jumlah  sampel yang diuji 102 responden dengan teknik pengumpulan sampel menggunakan purposive sampling. Temuan ini mengungkapkan bahwa persepsi kemudahan penggunaan, kepercayaan dan persepsi manfaat berpengaruh signifikan terhadap penggunaan e-commerce, kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap persepsi manfaat, persepsi manfaat berpengaruh signifikan terhadap penggunaan e-commerce, persepsi manfaat memediasi hubungan kepercayaan terhadap penggunaan e-commerce, namun persepsi kemudahan penggunaan tidak berpengaruh signifikan terhadap persepsi manfaat dan persepsi manfaat tidak memediasi hubungan persepsi kemudahan penggunaan terhadap penggunaan e-commerce

Downloads

Published

2025-02-25

How to Cite

Rahma, N., Justiana Astuti, H., Widyaningtyas, D., & Fauziridwan, M. (2025). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Kepercayaan Terhadap Penggunaan E-Commerce Pada Website Halodoc dengan Persepsi Manfaat Sebagai Mediasi. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(2), 955–969. https://doi.org/10.59141/japendi.v6i2.7294