Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kedokan Bunder Kabupaten Indramayu

Authors

  • Teni
  • Agus Yudiyanto Universitas Wiralodra indramayu

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v2i01.73

Keywords:

Motivasi Belajar; Hasil bealajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perngaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kedokanbuder Kabupaten Indramayu. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket(kuesioner),dokumentasi dan observasi.data yang dikumpulkan dianalisis dengan tekhnik deskriftif presentase dan analisis regrei  linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa ada pengaruh positif dari motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa, dilihat dari persamaan regresi sederhana Y = -24,311 + 1,444x dapat penulis analisis bahwa persamaan tersebut menunjukan suatu pengaruh yang positif dari variabel X terhadap Y, karena hal ini berarti setiap kenaikan variabel X sebesar 1, maka efektivitas pengendalian hasil belajar akan terwujud sebesar  1,444.  Dengan demikian hipotesis yang peneliti ajukan diterima, yaitu ada suatu pengaruh positif dari variabel motivasi belajar  terhadap hasil belajar siswa SMPN2 Kedokan bunder Kabupaten Indramayu. Berdaasarkan hasil penelitian diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 kedokanbunder Kabupaten Indramayu. Adapun saran yang dapat penulis berikan antara lain diharapkan sekolah menambah jumlah fasilitas, terutama peralatan laboratorium, siswa hendaknya meningkatkan kesadaran dan usahanya dalam rangka memperoleh informasi non formal, dan diharapkan siswa selalu melatih dirinya untuk berani tampil dalam mengungkapkan pendapatnya didepan umum.

Downloads

Published

2021-01-25

How to Cite

Teni, & Agus Yudiyanto. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kedokan Bunder Kabupaten Indramayu. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(01), 105–117. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i01.73