Pengembangan Evaluasi Layanan Dasar Bimbingan Dan Konseling Model Cipp Untuk Guru Bk Di Sman Se Kota Palangka Raya
Keywords:
evaluasi, model CIPP, layanan Dasar Bimbingan dan Konseling, Guru BKAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model evaluasi layanan dasar Bimbingan dan Konseling (BK) berbasis CIPP (Context, Input, Process, Product) bagi Guru BK di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) di Kota Palangka Raya. Rendahnya kualitas evaluasi layanan BK yang dilakukan menjadi latar belakang penelitian ini, di mana banyak guru BK belum bekerja secara profesional sesuai harapan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan pendekatan model CIPP untuk mengevaluasi dan meningkatkan efektivitas program layanan BK. Tahapan penelitian meliputi analisis kebutuhan, pengembangan model, implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model CIPP memberikan pendekatan yang komprehensif dan sistematis dalam evaluasi, yang berkontribusi pada peningkatan kompetensi profesional Guru BK dan mutu layanan BK secara keseluruhan. Model ini juga memperkuat peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam mengarahkan kinerja Guru BK secara berkelanjutan. Penelitian ini diharapkan menjadi pedoman bagi pengawas, kepala sekolah, dan Guru BK untuk mengoptimalkan layanan BK di SMAN Kota Palangka Raya.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Meltiani Nordianingsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.