Pengembangan Evaluasi Layanan Dasar Bimbingan Dan Konseling Model Cipp Untuk Guru Bk Di Sman Se Kota Palangka Raya

Authors

  • Meltiani Nordianingsih Iain Palangka Raya

Keywords:

evaluasi, model CIPP, layanan Dasar Bimbingan dan Konseling, Guru BK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model evaluasi layanan dasar Bimbingan dan Konseling (BK) berbasis CIPP (Context, Input, Process, Product) bagi Guru BK di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) di Kota Palangka Raya. Rendahnya kualitas evaluasi layanan BK yang dilakukan menjadi latar belakang penelitian ini, di mana banyak guru BK belum bekerja secara profesional sesuai harapan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan pendekatan model CIPP untuk mengevaluasi dan meningkatkan efektivitas program layanan BK. Tahapan penelitian meliputi analisis kebutuhan, pengembangan model, implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model CIPP memberikan pendekatan yang komprehensif dan sistematis dalam evaluasi, yang berkontribusi pada peningkatan kompetensi profesional Guru BK dan mutu layanan BK secara keseluruhan. Model ini juga memperkuat peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam mengarahkan kinerja Guru BK secara berkelanjutan. Penelitian ini diharapkan menjadi pedoman bagi pengawas, kepala sekolah, dan Guru BK untuk mengoptimalkan layanan BK di SMAN Kota Palangka Raya.

Published

2025-05-14

How to Cite

Nordianingsih, M. (2025). Pengembangan Evaluasi Layanan Dasar Bimbingan Dan Konseling Model Cipp Untuk Guru Bk Di Sman Se Kota Palangka Raya. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(4). Retrieved from https://japendi.publikasiindonesia.id/index.php/japendi/article/view/7807