Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Metzvioleta Metzvioleta Sekolah Tinggi Agama Hindu Dharma Sentana Sulawesi Tengah

Keywords:

Model pembelajaran, hasil belajar, keaktifan siswa.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan berbagai model pembelajaran terhadap hasil belajar siswa di tingkat sekolah dasar. Model-model yang dianalisis dalam penelitian ini meliputi Think Pair Share (TPS), Discovery Learning, PAKEM, dan Project Based Learning (PBL). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah tinjauan pustaka dengan pendekatan kualitatif, yang mengkaji berbagai penelitian terkait penerapan model pembelajaran tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model TPS dapat meningkatkan keterlibatan siswa melalui tahapan berpikir individu, diskusi pasangan, dan berbagi ide dengan kelas, yang berdampak positif pada hasil belajar siswa pada materi Penyajian Data. Model Discovery Learning yang dipadukan dengan media animasi terbukti efektif dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa, terutama pada materi IPA. Penerapan model PAKEM juga memberikan kontribusi terhadap hasil belajar siswa, meskipun masih diperlukan perbaikan dalam implementasinya untuk mencapai hasil yang optimal. Terakhir, model PBL terbukti meningkatkan motivasi, kreativitas, dan keterampilan siswa dalam pemecahan masalah, serta mendorong hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan metode pembelajaran tradisional. Secara keseluruhan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan keaktifan, kreativitas, dan pemahaman akademik siswa, yang pada akhirnya berkontribusi pada peningkatan hasil belajar siswa di sekolah dasar.

Published

2025-06-04

How to Cite

Metzvioleta, M. (2025). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(5). Retrieved from https://japendi.publikasiindonesia.id/index.php/japendi/article/view/7833