Model Math Trails Berbantuan MathCityMap dalam Pembelajaran Matematika: Tinjauan Sistematis terhadap Dampaknya terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Efikasi Diri Siswa

Authors

  • Aziiza Andanawarih Utoyo Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Arief Agoestanto Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Scolastika Mariani Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Iqbal Kharisudin Universitas Negeri Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v6i6.8138

Keywords:

math trails, mathcitymap, kemampuan pemecahan masalah, efikasi diri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas Math Trails yang didukung oleh aplikasi MathCityMap dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan efikasi diri siswa SMP dalam pembelajaran matematika. Permasalahan penelitian berangkat dari kesenjangan antara harapan teoritis dengan praktik pembelajaran di lapangan yang belum mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kepercayaan diri siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan Systematic Literature Review (SLR) dengan menganalisis 19 artikel jurnal nasional dan internasional yang diterbitkan antara tahun 2019 hingga 2024. Data dikumpulkan melalui pencarian di database DOAJ, SINTA, Google Scholar, dan ResearchGate, dengan kriteria inklusi yang berfokus pada studi empiris yang menggunakan Math Trails atau MathCityMap dalam konteks pendidikan matematika. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis tematik untuk mengelompokkan hasil dalam dua konstruk utama: kemampuan pemecahan masalah dan efikasi diri. Hasil menunjukkan bahwa Math Trails efektif dalam menciptakan pengalaman belajar yang kontekstual, memotivasi siswa, serta mengembangkan berpikir matematis dan rasa percaya diri. MathCityMap mendukung pembelajaran luar ruang interaktif dengan mengintegrasikan teknologi dan pemecahan masalah dunia nyata. Studi yang ditinjau secara konsisten menunjukkan bahwa siswa dengan efikasi diri tinggi memiliki performa pemecahan masalah yang lebih baik, strategi belajar yang efektif, dan keterlibatan yang tinggi. Implikasi singkat dari penelitian ini adalah perlunya integrasi model pembelajaran kontekstual berbasis digital seperti MathCityMap untuk meningkatkan kompetensi matematis dan kesiapan psikologis siswa. Penelitian lanjutan disarankan untuk mengkaji dampak metode ini di berbagai konteks sekolah, termasuk kelas inklusi dan implementasi Kurikulum Merdeka.

Downloads

Published

2025-06-26

How to Cite

Utoyo, A. A., Agoestanto, A. ., Mariani, S. ., & Kharisudin, I. . (2025). Model Math Trails Berbantuan MathCityMap dalam Pembelajaran Matematika: Tinjauan Sistematis terhadap Dampaknya terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Efikasi Diri Siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(6). https://doi.org/10.59141/japendi.v6i6.8138