Etnomatematika Seni Rupa Patung Tumbur

Authors

  • Jakobus Dasmasela STKIP Saumlaki Maluku, Indonesia
  • Samuel Urath STKIP Saumlaki Maluku, Indonesia
  • Jakobus Nifanngelyau STKIP Saumlaki Maluku, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v2i01.83

Keywords:

Etnomatematika; Patung Tumbur; Geometri.

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah menemukan unsur-unsur matematika yang terkandung dalam proses pembuatan patung tumbur dan menemukan hubungan antara proses pembuatan patung tumbur dan unsur-unsur matematika yang terkandung di dalamnya. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian etnografi dengan pendekatan deskriptif-kualitatif. Penelitian ini diawali dengan observasi 3 subyek kemudian mewawancarai 6 orang yang terdiri dari tiga orang pengrajin, dua orang tokoh adat dan satu orang perwakilan masyarakat. Obyek dalam penelitian ini ialah unsur-unsur matematika yang terkandung dalam proses pembuatan patung dan hubungan antara proses pembuatan patung tumbur dengan unsur-unsur matematika. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat cara-cara khusus yang digunakan pengrajin untuk melakukan aktifitas matematika dalam proses pembuatan patung tumbur diantaranya patung persembahan, patung tongka dagu dan patung bercocok tanam. Unsur matematika yang terdapat pada proses pembuatan patung tumbur adalah berupa geometri diantaranya titik, garis, bidang, bangun ruang (balok) serta sudut. Kesimpulannya yaitu dalam proses pembuatan patung para pengrajin menggunakan unsur-unsur matematika meliputi geometri dasar, geometri ruang dan geometri transformasi maka proses mematung tumbur dengan matematika terdapat hubungan satu sama lain yang disebut etnomatematika dalam konteks proses pembuatan patung tumbur.

Downloads

Published

2021-01-25

How to Cite

Jakobus Dasmasela, Samuel Urath, & Jakobus Nifanngelyau. (2021). Etnomatematika Seni Rupa Patung Tumbur. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(01), 36–47. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i01.83