Pengembangan Media Pembelajaran Pemasaran Digital Berbasis Motion Graphic untuk Siswa WNBK Menggunakan User Centered Design
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v6i7.8335Keywords:
motion graphics, user-centered design, special needs education, digital marketing, accessibility, inclusive learningAbstract
Penelitian ini mengkaji peran motion graphics yang dibuat melalui pendekatan desain berpusat pada pengguna (user-centered design atau UCD) dalam meningkatkan pendidikan pemasaran digital bagi siswa berkebutuhan khusus. Dengan mengakui semakin pentingnya literasi digital dan tantangan spesifik yang dihadapi oleh para siswa ini, penelitian ini mengeksplorasi bagaimana motion graphics dapat disesuaikan untuk mengakomodasi berbagai kebutuhan belajar. Melalui pendekatan metode campuran, yang mencakup tinjauan literatur, wawancara ahli, dan studi kasus yang melibatkan siswa berkebutuhan khusus, penelitian ini mengidentifikasi prinsip-prinsip desain penting dan menawarkan panduan praktis bagi para pendidik yang bertujuan untuk mengembangkan pengalaman belajar pemasaran digital yang inklusif dan menarik.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fitria Nugrahani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.