Urgensi Pendidikan Karakter Berbaris Kearifan Lokal dalam Membentuk Generasi Unggu di SMK Yasfika di Provinsi Lampung
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v6i8.8546Keywords:
Pendidikan Karakter, Kualitas Pendidikan, Generasi UnggulAbstract
Pendidikan karakter merupakan aspek fundamental dalam pembentukan generasi unggul yang tidak hanya cerdas secara intelektual tetapi juga memiliki integritas moral. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis peran pendidikan karakter berbasis kearifan lokal dalam membentuk kepribadian yang seimbang, mencegah degradasi moral, serta mempersiapkan pemimpin masa depan yang beretika. Studi di laksanakan pada Sekolah Menengah Kejuruan Yasfika Provinsi Lampung menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam terhadap 10 guru, 6 siswa, dan 5 orang tua, serta analisis dokumen kurikulum dan observasi partisipatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kearifan lokal dalam pembelajaran kejuruan mampu meningkatkan kompetensi sosial siswa secara signifikan. Temuan utama penelitian mengungkap bahwa siswa mengalami peningkatan kemampuan kolaborasi setelah penerapan model pembelajaran berbasis proyek yang mengangkat nilai-nilai lokal. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model pendidikan karakter berbasis kearifan lokal tidak hanya memperkuat identitas budaya siswa, tetapi juga menyelaraskan kompetensi teknis dengan keterampilan sosial yang dibutuhkan di dunia kerja. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter yang terintegrasi dalam keluarga, sekolah, dan masyarakat mampu menciptakan generasi yang berdaya saing global dengan nilai-nilai positif. Kesimpulannya, pendidikan karakter harus menjadi prioritas dalam sistem pendidikan untuk mewujudkan generasi unggul yang berakhlak mulia dan bertanggung jawab. Rekomendasi kebijakan mencakup pengembangan modul terpadu, peningkatan kapasitas guru, dan penyusunan sistem sertifikasi kompetensi yang mengintegrasikan aspek teknis dan karakter. Temuan ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan model pendidikan karakter kontekstual di SMK, khususnya di daerah dengan kekayaan budaya yang khas.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ian Harum Prasasti, Arif Rohman Hakim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.