Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Index Card Match Pada Pelajaran Matematika
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v2i01.86Keywords:
peningkatan motivasi dan hasi belajar; index card match; matematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji penerapan model pembelajaran Index Card Match guna meningkatkan motivasi dan prestasi belajar peserta didik dalam pelajaran Matematika. Penelitian ini difokuskan pada materi operasi hitung bilangan bulat yang dipelajari peserta didik kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kabupaten Tangerang pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Metode penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam beberapa siklus dengan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Data kulitatif diperoleh dari observasi proses pembelajaran dan aktivitias belajar sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil tes siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII MTs Negeri 1 Kabupaten Tangerang dalam pelajaran Matematika materi operasi hitung bilangan bulat. Peneliti menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran aktif tipe Index Card Match mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar materi lambang bilangan bulat pada siswa kelas VII MTs Negeri 1 Kabupaten Tangerang Banten. Pihak sekolah sepatutnya mendukung dan menganjurkan para guru mata pelajaran apapun, terkhusus Matematika untuk menciptakan proses pembelajaran yang aktif, kreatif, dan inovatif sehingga peserta didik akan lebih bersemangat, termotivasi, dan menikmati proses pembelajaran yang pada akhirnya juga bisa meningkatkan hasil belajar mereka di sekolah.