Konsep Filsafat Klasik dan Modern Perkembangan Ilmu Pendidikan Abad 21

Authors

  • Arif Rohman Hakim Sekolah Tinggi Agama Islam Kuningan, Indonesia
  • Siti Hasanah Sekolah Tinggi Agama Islam Kuningan, Indonesia
  • Siti Nuraeni Sekolah Tinggi Agama Islam Kuningan, Indonesia
  • Jubaedah Jubaedah Sekolah Tinggi Agama Islam Kuningan, Indonesia
  • Aah Sujaah Sekolah Tinggi Agama Islam Kuningan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v6i11.8794

Keywords:

Filsafat Pendidikan, Klasik, Modern

Abstract

Perkembangan filsafat klasik dan modern membentuk paradigma pemikiran pendidikan. Hal ini akan memengaruhi cara pandang masyarakat terhadap pendidikan. Paradigma yang digunakan masyarakat akan menentukan arah dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk membongkar paradigma pemikiran pendidikan yang berkembang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis studi kepustakaan. Kegiatan penelitian dilakukan dengan menelusuri literatur seperti buku, jurnal, artikel, atau teks lain yang terkait dengan permasalahan penelitian. Hasil kegiatan penelusuran data kepustakaan kemudian ditelaah, diinventarisasi sesuai kebutuhan penelitian, dan kemudian diolah. Dari hasil pembahasan, perkembangan filsafat klasik dan modern di abad ke-21 memengaruhi paradigma pemikiran pendidikan. Paradigma pemikiran pendidikan yang awalnya didominasi oleh pemikiran konservatif, kini bergeser ke paradigma humanis. Filsafat modern memberikan sentuhan pemikiran yang kritis dan humanis. Hal ini tentu saja memengaruhi cara pandang dan praktik pendidikan di Indonesia. Dari hasil pembahasan, perkembangan filsafat klasik dan modern di abad ke-21 memengaruhi paradigma pemikiran pendidikan. Paradigma pemikiran pendidikan yang awalnya didominasi oleh pemikiran konservatif, kini bergeser ke paradigma humanis. Filsafat modern memberikan sentuhan pemikiran yang kritis dan humanis. Hal ini tentu saja memengaruhi perspektif dan praktik pendidikan di Indonesia. Suka atau tidak, perkembangan filsafat dalam pendidikan menentukan arah dan tujuan pendidikan yang tepat. Meskipun berada pada tataran pemikiran atau paradigma, filsafat klasik dan modern merupakan tolok ukur perkembangan pendidikan di abad ke-21

Downloads

Published

2025-11-27

How to Cite

Hakim, A. R., Hasanah, S., Nuraeni, S., Jubaedah, J., & Sujaah, A. (2025). Konsep Filsafat Klasik dan Modern Perkembangan Ilmu Pendidikan Abad 21. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(11), 4990–4999. https://doi.org/10.59141/japendi.v6i11.8794