Konsep Filsafat Klasik dan Modern Perkembangan Ilmu Pendidikan Abad 21
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v6i11.8794Keywords:
Filsafat Pendidikan, Klasik, ModernAbstract
Perkembangan filsafat klasik dan modern membentuk paradigma pemikiran pendidikan. Hal ini akan memengaruhi cara pandang masyarakat terhadap pendidikan. Paradigma yang digunakan masyarakat akan menentukan arah dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk membongkar paradigma pemikiran pendidikan yang berkembang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis studi kepustakaan. Kegiatan penelitian dilakukan dengan menelusuri literatur seperti buku, jurnal, artikel, atau teks lain yang terkait dengan permasalahan penelitian. Hasil kegiatan penelusuran data kepustakaan kemudian ditelaah, diinventarisasi sesuai kebutuhan penelitian, dan kemudian diolah. Dari hasil pembahasan, perkembangan filsafat klasik dan modern di abad ke-21 memengaruhi paradigma pemikiran pendidikan. Paradigma pemikiran pendidikan yang awalnya didominasi oleh pemikiran konservatif, kini bergeser ke paradigma humanis. Filsafat modern memberikan sentuhan pemikiran yang kritis dan humanis. Hal ini tentu saja memengaruhi cara pandang dan praktik pendidikan di Indonesia. Dari hasil pembahasan, perkembangan filsafat klasik dan modern di abad ke-21 memengaruhi paradigma pemikiran pendidikan. Paradigma pemikiran pendidikan yang awalnya didominasi oleh pemikiran konservatif, kini bergeser ke paradigma humanis. Filsafat modern memberikan sentuhan pemikiran yang kritis dan humanis. Hal ini tentu saja memengaruhi perspektif dan praktik pendidikan di Indonesia. Suka atau tidak, perkembangan filsafat dalam pendidikan menentukan arah dan tujuan pendidikan yang tepat. Meskipun berada pada tataran pemikiran atau paradigma, filsafat klasik dan modern merupakan tolok ukur perkembangan pendidikan di abad ke-21
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Arif Rohman Hakim, Siti Hasanah, Siti Nuraeni, Jubaedah Jubaedah, Aah Sujaah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.














