Meningkatkan Kreativitas dan Inisiatif Guru Melalui Model Pembelajaran Daring dalam Masa Pandemi COVID-19

Authors

  • Jumani SMPN 6 Toboali, Bangka Selatan

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v2i03.116

Keywords:

pembelajaran daring; keaktifan; kreativitas; inisiatif.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran daring dalam meningkatkan kreativitas dan inisiatif guru dalam mengelola pembelajaran dirumah di SMPN 6 Toboali. Metode penelitian tindakan sekolah ini menggunakan jenis penelitian tindakan yang diadopsi dari model penelitian Elliot. Penelitian dilakukan di SMP N 6 Toboali, Bangka Selatan pada tahun pelajaran 2019/2020 saat terjadi pandemi COVID-19. Subjek penelitian adalah guru kelas 7,8 dan guru kelas 9. Objek penelitiannya adalah home learning  melalui pembelajaran daring selama periode COVID-pandemi. 19. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi serta dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran daring dapat mengatasi pelaksanaan pembelajaran selama periode COVID -19 melalui kreativitas dan inisiatif guru dalam mengelola pembelajaran di rumah. Kreativitas dan inisiatif guru mengalami peningkatan dalam pembuatan RPP sebesar 18%, pengelolaan pembelajaran daring sebesar 12%, aktivitas siswa sebesar 17% dan nilai belajar siswa sebesar 9,6% dari siklus I ke siklus II dalam pembelajaran. Setelah ada inisiatif aktif, tindakan kreatif dan kompetensi guru dalam melaksanakan pembelajaran di rumah, pembelajaran dapat berjalan lancar dalam menghadapi pandemi COVID-19.

Downloads

Published

2021-03-25

How to Cite

Jumani. (2021). Meningkatkan Kreativitas dan Inisiatif Guru Melalui Model Pembelajaran Daring dalam Masa Pandemi COVID-19 . Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(03), 416–429. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i03.116