Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII A SMPN 1 Karangjaya Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan Menerapkan Metode Diskusi Pada Materi Interaksi Sosial
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v3i09.1202Keywords:
Hasil Belajar, Siswa, Diskusi, Interaksi SosialAbstract
Proses pembelajaran adalah suatu proses dimana guru dan siswa berinteraksi melalui dua bentuk kegiatan yang terintegrasi, yaitu kegiatan belajar (siswa) dan kegiatan mengajar (guru) untuk mencapai tujuan tertentu. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII-A SMPN 1 Karangjaya Tahun Pelajaran 2017/2018 Semester Ganjil dengan Menerapkan Metode Diskusi pada Materi Interaksi Sosial. Memilih metode pembelajaran yang tepat akan memberikan suasana pembelajaran yang konduksif. Salah satu metode yang dipilih oleh penulis adalah metode diskusi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji penerapan metode diskusi dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII A pada materi interaksi sosial di SMPN 1 Karangjaya Tahun Pelajaran 2017/2018. Subjek penelitiannya peserta didik kelas VII-A sebanyak 24 orang yang terdiri 12 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Berdasarkan rumusan masalah maka hipotesis tindakan penelitian ini adalah penerapan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII A SMPN 1 Karangjaya Tahun Pelajaran 2017/2018 pada materi interksi soaial. Pelaksanaan tindakan dilaksanakan sebanyak 3 siklus. Teknik dan pengumpulan data dilakukan melalui hasil tes hasil belajar dan observasi. Hasil penelitian pada siklus I prosesntase rata-rata aktivitas belajar peserta didik mencapai 53,75%, sedangkan pada siklus II mencapai 79,42% dan pada siklus III mencapai 90,00% . Sementara untuk hasil belajar siklus I sebesar 69,38, siklus II sebesar 74,33 dan siklus III sebesar 86,59. Simpulan dari penelitian ini penerapan metode diskusi dapat meningkatan hasil belajar peserta didik Kelas VII-A SMPN 1 Karangjaya tahun pelajaran 2017/2018 semester ganjil pada materi interaksi sosial.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.