Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Melalui Permainan Tradisional Pada TK Remasari Kecamatan Kedokan Bunder Kabupaten Indramayu

Authors

  • Hasnaul Imroah TK Remasari Kabupaten Indramayu, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v4i03.1653

Keywords:

Kemampuan Kognitif, Permainan Tradisional, di TK Remasari.

Abstract

Kognitif merupakan suatu proses berfikir, yaitu kemampuan setiap individu dalam menghubungkan, menilai dan mempertimbangkan suatu kejadian atau peristiwa. Kemampuan kognitif sangat diperlukan oleh anak dalam rangka mengembangkan baik pengetahuan maupun praktek seperti melihat, mendengar, merasa, meraba dan mencium melalui panca indra yang dimilikinya, pengembangan kognitif dikenal dengan istilah pengembangan daya pikir. Akan tetapi di TK Remasari Kecamatan Kedokan Bunder Kabupaten Indramayu penulis menemukan lambatnya perkembangan kemampuan kognitif anak. Masih banyak anak- anak tidak dapat menyelesaikan masalah yang diterimanya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak melalu Permainan Tradisional.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Subjek penelitiannya adalah 20 anak di TK Remasari Kecamatan Kedokan Bunder Kabupaten Indramayu. Teknik pengumpulan datanya dengan melakukan unjuk kerja, observasi, tes dan observasi. Sedangkan teknik analisi data dengan deskriftif interperative.Hasil yang diperolah adalah pada Prasiklus kemampuan anak yang sangat baik hanya 30%, pada Siklus 1 meningkat menjadi 60% dan pada Siklus 2 menjadi 90%.Simpulan yang didapat adalah Melalui Permainan Tradisional, kemampuan kognitif anak berkembang sesuai harapan.

Downloads

Published

2023-03-17

How to Cite

Imroah, H. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Melalui Permainan Tradisional Pada TK Remasari Kecamatan Kedokan Bunder Kabupaten Indramayu. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(03), 272–281. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i03.1653