Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Kolase Pada Kelompok A TK Melati PGRI Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu

Authors

  • Nani Nurani TK Melati PGRI Kabupaten Indramayu, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v4i03.1664

Keywords:

Kemampuan Motorik Halus, Kegiatan Kolase, AUD

Abstract

Permasalahan anak usia dini dalam tahap pertumbuhan dan perkembangan yang paling pesat. Oleh karena itu, usia dini (usia 0-8 tahun) juga disebut usia emas atau golden age. Dengan begitu, untuk mengembangkan bangsa yang cerdas, beriman, bertakwa, serta berbudi luhur hendaklah dimulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan motorik halus anak yang diterapkan dalam menggunakan kegiatan kolase. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam dua siklus.  Setiap siklus terdiri atas 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanan tindakan, observasi, dan reflexi. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, sedangkan analisis datanya menggunakan statistik kualitatif. Hasil dari penilitian  ini  menunjukkan  adanya  peningkatan  motorik  halus anak melalui kegiatan kolase. Hal ini dapat dilihat dari prosentase rata-rata hasil kemampuan motorik halus pada siklus I , 66 %, dan siklus II, 72%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kegiatan kolase dapat meningkatkan motorik halus anak kelompok A di TK Melati PGRI Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu.

Downloads

Published

2023-03-19

How to Cite

Nurani, N. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Kolase Pada Kelompok A TK Melati PGRI Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(03), 295–302. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i03.1664