Peningkatan Scientific Attitude Menggunakan Model Project Based Learning (PJBL) Berbantuan Komponen Tpack Pada Materi Gerak Lurus

Authors

  • Novit Rizal Putra UIN Syarif Hidayatullah Tangerang Selatan

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v4i03.1665

Keywords:

Scientific Attitude, Model PjbL, Komponen TPACK, Gerak Lurus

Abstract

Perhatian terhadap peningkatan rasa ingin tahu, terbuka, kerja-sama dan berpikir kritis menjadi urgen untuk hadir dalam pembelajaran. Keseluruhan aspek ini dikenal sebagai saintific attitude. Diterangkan walaupun guru telah mengajar dan fasilitas belajar telah baik namun saintific attitude dalam belajar kurang, maka menjadikan pembelajaran tidak memberikan hasil sesuai yang diharapkan. Hilangnya esensi ketertarikan dan kesenangan belajar siswa dapat dialami ketika saintific attitude rendah. Hal yang tidak sesuai harapan ini terjadi karena belajar dalam pandangan peserta didik kurang menghadirkan tantangan. Sebagai sebuah model belajar yakni PjbL dinilai dapat mengayomi hadirnya tantangan dalam belajar. Kemajuan perkembangan teknologi dan keilmuan turut membantu hadirnya tantangan dalam belajar, selaras dengan hal ini maka peranan komponen Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) menjadi penting untuk diambil bantuannya. Pengetahuan mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran dikenal sebagai TPACK. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data peningkatan saintific attitude dalam pembelajaran di SMA dengan menggunakan Model PjbL berbantu TPACK. Jenis penelitian ini adalah penelitian Classroom Action Research (CAR) dengan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas X mipa di SMAN 5 Tangerang Selatan. Data didapat melalui metode observasi. Hasil penelitian menunjukkan pada tiap siklusnya bahwa rasa ingin tau sebesar 75% menjadi 86,9%, kerja sama sebesar 76,1% menjadi 88%, aspek keterbukaan sebesar 79,3% menjadi 84,8% dan berpikir kritis sebesar 77,2% menjadi 83,7%. Keseluruhan data memiliki interpretasi dari cukup menjadi baik. Hasil temuan menyatakan terdapat peningkatan saintific attitude sebagai bagian dari upaya mencapai kompetensi dalam pembelajaran. Pandangan lebih lanjut memberi harapan terkait adanya perhatian pada saintific attitude secara utuh di tiap aspeknya.

Downloads

Published

2023-03-14

How to Cite

Putra, N. R. (2023). Peningkatan Scientific Attitude Menggunakan Model Project Based Learning (PJBL) Berbantuan Komponen Tpack Pada Materi Gerak Lurus . Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(03), 239–251. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i03.1665