Implementasi Literasi Dan Numerasi Pada Program MBKM Dan Dampaknya Terhadap Siswa SMP Datuk Ribandang

Authors

  • Muhammad Jusmirad Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Dita Angraeini Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Muh. Faturrahman Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Muhammad Syukur Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Ibrahim Arifin Universitas Negeri Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v4i03.1687

Keywords:

Implementasi, Literasi, Numerasi, MBKM

Abstract

Implementasi literasi dan numerasi di dunia pendidikan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca, menulis, dan berhitung siswa. Hal ini dilakukan melalui program-program yang menekankan pada pembelajaran keterampilan membaca, menulis, dan berhitung secara terpadu dalam kurikulum. Implementasi literasi dan numerasi tidak hanya penting dalam membantu siswa mengembangkan keterampilan dasar, tetapi juga dalam mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan di masa depan. Kemampuan literasi dan numerasi yang baik dapat membantu siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas akademik, memahami bahan bacaan yang kompleks, dan berpikir kritis. Namun, implementasi literasi dan numerasi memerlukan dukungan dari berbagai pihak seperti guru, orang tua, dan masyarakat. Dukungan ini diperlukan untuk memastikan bahwa siswa dapat mempraktikkan keterampilan literasi dan numerasi yang telah mereka pelajari di lingkungan yang lebih luas. Dalam kesimpulannya, implementasi literasi dan numerasi sangat penting dalam meningkatkan kemampuan siswa untuk membaca, menulis, dan berhitung, dan mempersiapkan mereka untuk masa depan. Namun, implementasi ini memerlukan dukungan dari berbagai pihak dan harus diintegrasikan ke dalam kurikulum secara terpadu.

Downloads

Published

2023-03-27

How to Cite

Jusmirad, M., Angraeini, D. ., Faturrahman, M. ., Syukur, M. ., & Arifin, I. . (2023). Implementasi Literasi Dan Numerasi Pada Program MBKM Dan Dampaknya Terhadap Siswa SMP Datuk Ribandang. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(03), 303–310. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i03.1687