Pembelajaran Materi Volume Prisma Segitiga Dan Tabung Model Kooperatif Stad Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Sri Rahayu Guru Sekolah Dasar Negeri 003 Gunung Kijang

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v1i03.24

Keywords:

Pembelajaran, Model Kooperatif STAD, Volume Prisma Segitiga dan Tabung

Abstract

Kurangnya pengetahuan tentang bagaimana mengimplikasikan matematika di dalam kehidupan sehari-hari, kurangnya kesiapan siswa untuk mengikuti pelajaran matematika dan kurangnya kemampuan matematika guru, menjadi kendala di dalam pembelajaran matematika. Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk mendeskripsikan kondisi, bentuk RPP dan skenario pembelajaran Matematika di kelas V SD Negeri 003 Gunung Kijang, dengan menerapkan model pembelajaran STAD, dengan tahapan sebagai berikut; (1) Guru membentuk kelompok, anggotanya 4 orang secara heterogen; (2) Guru menyajikan pelajaran; (3) Guru memberi tugas pada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok. (4) peserta didik yang bisa mengerjakan soal, menjelaskan kepada anggota kelompok lainnya sehingga semua anggota dalam kelompok itu mengerti. ; (5) Guru memberi kuis kepada seluruh peserta didik. Pada saat menjawab kuis tidak boleh saling membantu. (6) Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki nilai/poin; (7) Guru memberikan evaluasi; (8) Penutup. Dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran koopratif STAD, dapat membuat siswa aktif dalam pembelajaran. Metode sebuah penelitian adalah langkah ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Maka dalam melakukan penelitian peneliti menggunakan metode penelitian model Model Kooperatif Stad.

Downloads

Published

2020-11-25

How to Cite

Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Materi Volume Prisma Segitiga Dan Tabung Model Kooperatif Stad Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(03), 397–408. https://doi.org/10.59141/japendi.v1i03.24