Implementasi Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar Di TK Ananda 1 Kabupaten Semarang
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v4i12.2584Keywords:
Manajemen kurikulum,, Merdeka BelajarAbstract
Pendidikan merupakan faktor kunci dalam menentukan kualitas sumber daya manusia dan kemajuan sebuah bangsa. Manajemen kurikulum, sebagai bagian integral dari pendidikan, memainkan peran penting dalam mencapai tujuan pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi manajemen kurikulum merdeka belajar di TK Ananda 1 Kabupaten Semarang dan untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat dari keberhasilan pelaksanaan manajemen kurikulum merdeka di TK Ananda 1 Kabupaten Semarang. Metode penelitian yaitu menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan sumber data kepala sekolah dan guru kelas TK Ananda 1 Kabupaten Semarang. Pengumpulan data dilakukan dengan Teknik triagulasi. Hasil Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pemahaman implementasi manajemen kurikulum merdeka belajar di tingkat PAUD dan memberikan arahan bagi lembaga pendidikan lain yang ingin menerapkan kurikulum merdeka belajar. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi telah mengikuti fungsi manajemen kurikulum secara komprehensif. Dengan melibatkan seluruh stackholder, seperti yayasan, komite sekolah, kepala sekolah, guru, dan perwakilan orang tua, fokus perencanaan terletak pada peningkatan kualitas lembaga pendidikan.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ita Istiqomah, Syifa Fauziah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.