Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Memotivasi Belajar Siswa Di SMP Negeri 194 Jakarta

Authors

  • Fauzan Naufal Hadi Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Jakarta, Indonesia
  • Maria Ulfah Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v5i6.2875

Keywords:

Upaya guru, motivasi belajar, SMP Negeri 194 Jakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguraikan peran dan upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam memotivasi minat belajar siswad di SMP Negeri 194 Jakarta, serta mengetahui apa saja tantangan dihadapi oleh guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang memotivasi di lingkungan SMP Negeri 194 Jakarta. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendektan deskriptif di mana teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru Pendidikan Agama Islam memiliki peran penting dalam memotivasi siswa di SMP Negeri 194 Jakarta. Upaya yang dilakukan guru untuk memotivasi siswa diantaranya menerapkan berbagai metode interaktif dan strategi pembelajaran yang mengkolerasikan agama dan kehidupan sehari-hari sehingga siswa ikut aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Selain itu guru juga dibenturkan dengan sejumlah tantangan yang kompleks seperti kesulitan siswa dalam membaca Al-Qur’an, kurangnya sumber daya dan dukungan administratif serta kondisi eksternal yang mempengaruhi motivasi siswa

Downloads

Published

2024-06-20

How to Cite

Hadi, F. N., & Ulfah, M. . (2024). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Memotivasi Belajar Siswa Di SMP Negeri 194 Jakarta. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(6), 222–231. https://doi.org/10.59141/japendi.v5i6.2875