Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Memotivasi Belajar Siswa Di SMP Negeri 194 Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v5i6.2875Keywords:
Upaya guru, motivasi belajar, SMP Negeri 194 JakartaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguraikan peran dan upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam memotivasi minat belajar siswad di SMP Negeri 194 Jakarta, serta mengetahui apa saja tantangan dihadapi oleh guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang memotivasi di lingkungan SMP Negeri 194 Jakarta. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendektan deskriptif di mana teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru Pendidikan Agama Islam memiliki peran penting dalam memotivasi siswa di SMP Negeri 194 Jakarta. Upaya yang dilakukan guru untuk memotivasi siswa diantaranya menerapkan berbagai metode interaktif dan strategi pembelajaran yang mengkolerasikan agama dan kehidupan sehari-hari sehingga siswa ikut aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Selain itu guru juga dibenturkan dengan sejumlah tantangan yang kompleks seperti kesulitan siswa dalam membaca Al-Qur’an, kurangnya sumber daya dan dukungan administratif serta kondisi eksternal yang mempengaruhi motivasi siswa
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fauzan Naufal Hadi, Maria Ulfah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.