Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode PAKEM
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v1i03.33Keywords:
Metode Pakem, Aktifitas Belajar, Hasil Belajar, IPA dan IPS .Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran Aktif, Kreatif, efektif dan Menyenangkan (PAKEM) pada materi Gaya dan Perkembangan Teknologi Produksi mata pelajaran IPA dan IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Amertasari Kabupaten Konawe. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA dan IPS siswa di kelas IV SD Negeri 18 Baruga Kecamatan Baruga Kota Kendari melalui model pembelajaran Aktif, Kreatif, efektif dan Menyenangkan (PAKEM). Sekolah, dapat memberikan informasi yang berguna untuk perbaikan pembelajaran di Sekolah Dasar. Dalam penelitian ini dirumuskan hipotesis tindakan sebagai berikut: Melalui metode PAKEM, aktifitas belajar dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Amertasari pada mata pelajaran IPA dan IPS dapat ditingkatkan. Dari hasil penelitian yang dicapai menunjukkan bahwa penerapan model menggunakan metode PAKEM baik pada mata pelajaran IPA maupun mata pelajaran IPS dapat dikatakan sesuai dengan karakteristik anak didik. Hal ini ditunjukkan oleh adanya perubahan yang cukup berarti dalam dua siklus pelaksanaan perbaikan pembelajaran. Hasil pembelajaran pada siklus II memperlihatkan adanya peningkatan yang cukup berarti pada aspek-aspek yang diamati pada aktivitas siswa serta hasil belajar yang dicapai. Dari data yang telah dipaparkan menunjukkan bahwa secara rata-rata diatas 80% siswa sudah aktif dalam kegiatan pembelajaran, dan telah mencapai ketuntasan 100% pada akhir siklus II