Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Di Kelas 1 SD

Authors

  • Sholehah Faridatunnisa Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Ervina Eka Subekti Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Qoriati Mushafanah Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v5i9.3303

Keywords:

Efektivitas media pembelajaran, video animasi, Hasil belajar

Abstract

Purpose – Penelitian ini di latar belakangi oleh nilai matematika perserta didik kelas 1 SD Karangtempel banyak yang tergolong rendah dibawah KKM, aktivitas pembelajaran matematika dengan menggunakan media berbasis video animasi dianggap sebagai solusi untuk meningkatkan hasil belajar. berdasarkan hal tersebut tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas dari penggunaan video animasi dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 1 SDN Karangtempel. Design/methods/approach – Metode penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif Pre-Experimental dengan desain One group Pretest-Posttest, Sampel yang digunkan sebanyak 23 orang dengan teknik penentuan total sampling dan Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji Paired Sample T-Test. Findings – Hasil penelitian ditemukan bahwa berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan uji paired sample t-test diperoleh Sig (2-tailed) data pre-test dan post-test yaitu 0,002. Karena nilai sig ≤ α (0,05) sesuai dengan kriteria pengujian, maka dapat dinyatakan bahwa hipotesis diterima, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Dinyatakan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran menggunakan video animasi saat pembelajaran matematika. Maka efektivitas penerapan media pembelajaran menggunakan video animasi saat pembelajaran sangat efektif, dan mudah dipahami peserta didik setelah dilakukan posttest, sehingga hasil pemahaman peserta didik meningkat dan menjadi lebih efektif saat pembelajaran berlangsung. Research implications/limitations – Penelitian ini mendapatkan hasil   positif yaitu ketika pembelajaran menggunakan media pembelajan berbasis video animasi, kemampuan matematika peserta didik kelas I di SDN Karangtempel meningkat dan penerapan media pembelajaran berbasis video animasi yang digunakan guru Kelas I dalam pembelajaran matematika akan membantu siswa lebih mudah memahami dan menerima pelajaran matematika.

Downloads

Published

2024-09-24

How to Cite

Faridatunnisa, S., Subekti, E. E. ., & Mushafanah, Q. . (2024). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Di Kelas 1 SD . Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(9), 770–782. https://doi.org/10.59141/japendi.v5i9.3303