Pengaruh Digitalisasi Pembelajaran, Kompetensi Guru Dan Variasi Metode Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP Auliya

Authors

  • Deni Sahmaulana SMP Auliya, Instansi, Tangerang Selatan, Indonesia
  • Samuel Lukas Universitas Pelita Harapan, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v5i9.4998

Keywords:

Motivasi belajar, Digitalisasi, Kompetensi Guru, Metode Belajar, Analisis jalur

Abstract

Dalam proses pembelajaran, motivasi belajar siswa adalah faktor penting yang mendorong pencapaian. Saat ini, motivasi ini dipengaruhi oleh faktor ekstrinsik dan pendekatan pembelajaran, termasuk digitalisasi pembelajaran dan kompetensi guru sebagai faktor ekstrinsik, serta metode pengajaran sebagai faktor pendekatan. Penelitian ini menggunakan model analisis jalur untuk menguji signifikansi faktor-faktor ini terhadap motivasi belajar siswa. Berbagai metode pengajaran berfungsi sebagai variabel mediasi, yang mempengaruhi motivasi dan dipengaruhi oleh digitalisasi pendidikan dan kompetensi guru. Penelitian ini dilakukan di SMP Auliya di Tangerang Selatan dengan margin of error 5% dan sampel sebanyak 176 siswa. Hasil dari tes regresi linier dan variabel mediasi menunjukkan bahwa digitalisasi pendidikan, kompetensi guru, dan variasi metode pengajaran memiliki dampak positif langsung terhadap motivasi. Variasi metode pengajaran juga menjadi perantara dampak positif tidak langsung dari digitalisasi dan kompetensi guru terhadap motivasi.

Downloads

Published

2024-09-26

How to Cite

Sahmaulana, D., & Lukas, S. . (2024). Pengaruh Digitalisasi Pembelajaran, Kompetensi Guru Dan Variasi Metode Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP Auliya. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(9), 826–842. https://doi.org/10.59141/japendi.v5i9.4998