Pengaruh Digitalisasi Pembelajaran, Kompetensi Guru Dan Variasi Metode Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP Auliya
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v5i9.4998Keywords:
Motivasi belajar, Digitalisasi, Kompetensi Guru, Metode Belajar, Analisis jalurAbstract
Dalam proses pembelajaran, motivasi belajar siswa adalah faktor penting yang mendorong pencapaian. Saat ini, motivasi ini dipengaruhi oleh faktor ekstrinsik dan pendekatan pembelajaran, termasuk digitalisasi pembelajaran dan kompetensi guru sebagai faktor ekstrinsik, serta metode pengajaran sebagai faktor pendekatan. Penelitian ini menggunakan model analisis jalur untuk menguji signifikansi faktor-faktor ini terhadap motivasi belajar siswa. Berbagai metode pengajaran berfungsi sebagai variabel mediasi, yang mempengaruhi motivasi dan dipengaruhi oleh digitalisasi pendidikan dan kompetensi guru. Penelitian ini dilakukan di SMP Auliya di Tangerang Selatan dengan margin of error 5% dan sampel sebanyak 176 siswa. Hasil dari tes regresi linier dan variabel mediasi menunjukkan bahwa digitalisasi pendidikan, kompetensi guru, dan variasi metode pengajaran memiliki dampak positif langsung terhadap motivasi. Variasi metode pengajaran juga menjadi perantara dampak positif tidak langsung dari digitalisasi dan kompetensi guru terhadap motivasi.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Deni Sahmaulana, Samuel Lukas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.