Optimasi Brand Engagement: Pendekatan Digital Marketing dalam Mengubah Persepsi Publik terhadap Direktorat Jenderal Bea dan Cukai

Authors

  • Yogi Darminto Fakultas Ekonomi Dan Bisnis¬, Institut Informatika Dan Bisnis Darmajaya, Bandar Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v5i11.5909

Keywords:

keterlibatan merek, digital marketing, persepsi publik, bea dan cukai, efektivitas kampanye

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas strategi digital marketing dalam meningkatkan persepsi publik terhadap Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Indonesia. Sebagai institusi yang penting dalam stabilitas ekonomi nasional, DJBC memiliki peran ganda sebagai pengumpul penerimaan negara, fasilitator perdagangan, dan pendukung industri. Namun, kepercayaan publik terhadap DJBC telah terpengaruh oleh berbagai faktor negatif. Untuk meningkatkan citra mereknya, DJBC meluncurkan kampanye "Makin Baik" yang memanfaatkan teknik digital marketing. Penelitian ini mengkaji dampak dari tiga komponen utama: efektivitas kampanye merek, kualitas konten digital, dan konsistensi frekuensi posting terhadap persepsi publik. Metode campuran digunakan dalam penelitian ini, menggabungkan studi kasus kualitatif dan survei kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam kepercayaan publik dari 45% pada tahun 2022 menjadi 60% pada tahun 2023, yang disebabkan oleh peningkatan keterlibatan digital DJBC dan strategi konten. Selain itu, analisis media sosial menunjukkan peningkatan interaksi dan jumlah pengikut, yang menandakan keberhasilan kampanye dalam menarik perhatian publik. Meskipun demikian, DJBC masih menghadapi tantangan dalam mengatasi stigma negatif dan memastikan strategi komunikasi digital yang berkelanjutan. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pemahaman tentang optimalisasi keterlibatan merek bagi institusi pemerintah melalui digital marketing.

Downloads

Published

2024-11-20

How to Cite

Darminto, Y. (2024). Optimasi Brand Engagement: Pendekatan Digital Marketing dalam Mengubah Persepsi Publik terhadap Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(11), 1119–1135. https://doi.org/10.59141/japendi.v5i11.5909