Mendeteksi Keajegan Butir Tes Dengan Fungsi Informasi

Authors

  • Rahmadhani Mulvia Universitas Pendidikan Indonesia
  • Taufik Ramlan Ramalis Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ridwan Efendi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v2i01.66

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeteksi keajegan butir tes dengan fungsi informasi dari teori respon butir. Keajengan informasi dalam pengukuran dikenal dengan reliabilitas. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan dengan desain ADDIE (Analyze, Design, Development, Implement, and Evaluation). Partisipan pada penelitian ini terdiri dari 5 ahli dan 280 peserta didik SMA yang dipilih dengan menggunakan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi dan angket kebiasaan berpikir ilmiah. Lembar validasi digunakan pada tahap development yang terdiri dari 6 aspek mencakup konstruk, konten dan bahasa. Angket kebiasaan berpikir ilmiah digunakan pada tahap implement yang terdiri dari 22 butir tes dan dinyatakan layak untuk diujicobakan oleh ahli. Data yang diperoleh dari lembar validasi dianalisis dengan menggunakan Many Facet Rasch Model berbantuan program Minifac dari Winstep sehingga dinyatakan layak untuk diuji cobakan. Data dari tahap implement dianalisis dengan menggunakan graded response model berbantuan program eirt. Hasil yang diperoleh adalah sebagian besar dari instrumen baik digunakan untuk mengukur kebiasaan berpikir ilmiah dan dapat mengukur tingkat kemampuan dari tingkat yang rendah sampai tingkat yang tinggi. Oleh karena itu, sebagian besar butir tes dapat diimplikasikan dalam pengukuran kemampuan kebiasaan berpikir ilmiah yang dimiliki oleh peserta didik.

Downloads

Published

2021-01-25

How to Cite

Mulvia, R., Taufik Ramlan Ramalis, & Ridwan Efendi. (2021). Mendeteksi Keajegan Butir Tes Dengan Fungsi Informasi . Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(01), 72–84. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i01.66