Penerapan Metode Circuit Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v2i02.69Abstract
Tujuan penelitian tindakan kelas atau yang dikenal sebagai PTK merupakan salah satu hal mendasar yang dapat dilakukan oleh guru sebagai seorang peneliti. Pelaksanaan sebuah penelitian tindakan kelas umumnya dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai hasil belajar siswa. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan karena rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA mengenai materi sistem pencernaan manusia. Keadaan ini disebabkan oleh banyaknya istilah sains dan proses pencernaan yang perlu dipelajari dan dipahami siswa serta upaya guru dalam penyampaian materi masih terlalu monoton dan dirasa membosankan oleh siswa. Oleh karena itu, penerapan metode circuit learning dipilih pada pelaksanaan PTK di kelas lima sekolah dasar agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dari hasil pengamatan dan penelitian yang dilakukan, dapat dibuktikan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan karena dengan penerapan metode ini, siswa diarahkan juga dikondisikan untuk selalu melakukan pengulangan materi yang telah dibahas sebelumnya. Berdasarkan analisis yang dilakukan, hasil penelitian yaitu seluruh siswa terbukti mampu mencapai nilai di atas standar ketuntasan minimum. Selain itu pula, pemetaan konsep, media visual, serta audio visual dimanfaatkan sebagai pendukung keberhasilan penerapan metode ini. Dengan demikian, pemanfaatan metode circuit learning dapat menjadi salah satu pendekatan alternatif yang dapat digunakan dalam rangka meningkatkan pemahaman serta kemampuan siswa dalam memperoleh hasil belajar yang lebih baik.