Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Materi Segitiga

Authors

  • Mesak Ratuanik STKIP Saumlaki, Maluku, Indonesia
  • Paulina Lamers STKIP Saumlaki, Maluku, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v2i02.87

Abstract

Tujuan pada penelitian ini buat mengenali kemampuan pemecahan permasalahan pada materi segitiga memakai model. PBL buat mahasiswa baru Prodi Pendidikan Matematika. Penelitian dilaksanakan di STKIP Saumlaki pada bulan Juli 2020. Dengan memakai jenis penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan informasi yakni gambar, tes dan wawancara. Teknik analisis data terdiri dari. Mereduksi data, pengajian data dan juga penarikan kesimpulan. Langkah - langkah pemecahan permasalahan yang dipakai buat model PBL ialah orientasi mahasiswa baru kepada permasalahan ialah pengamat mengujarkan tujuan pembelajaran, menarangkan materi yang diperlukan, mahasiswa ikut serta pada kegiatan pemecahan permasalahan yang diseleksi, mengorganisasi mahasiswa baru buat belajar ialah peneliti membimbing mahasiswa baru mendefenisikan serta mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan permasalahan tersebut, membimbing penyelidikan individual ataupun kelompok ialah peneliti mengarahkan mahasiswa baru buat mengumpulkan data yang cocok, melakukan eksperimen buat memperoleh uraian serta pemecahan permasalahan, meningkatkan serta menciptakan hasil karya ialah merancang serta mempersiapkan karya yang cocok serta di presentasikan di depan kelas serta menganalisis serta mengevaluai proses pemecahan permasalahan ialah peneliti menolong mahasiswa baru melaksanakan refleks maupun penilaian. Akibat diterapkannya model PBL terhadap kemampuan pemecahan permasalahan mahasiswa baru pada materi segitiga (luas serta keliling) ialah bisa membuat mahasiswa sangat bersemangat serta bisa memecakan permasalahan menggunakan langkah - langkah pemecahan permasalahan.

Downloads

Published

2021-02-25

How to Cite

Ratuanik, M., & Lamers, P. . (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Materi Segitiga. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(02), 229–241. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i02.87