Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia

Authors

  • A. Rahman Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v2i02.95

Keywords:

perhatian orang tua; motivasi belajar; sejarah Indonesia.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar Sejarah Indonesia siswa SMK swasta di wilayah Kota Administrasi Jakarta Selatan; (2) Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar Sejarah Indonesia siswa SMK swasta di wilayah Kota Administrasi Jakarta Selatan; (3) Pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Sejarah Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian ex post facto yang bersifat korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK swasta di wilayah Kota Administrasi Jakarta Selatan, pengambilan sampel dengan cara cluster random sampling, data dianalisis dengan statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Motivasi belajar siswa SMK swasta di wilayah Kota Administrasi Jakarta Selatan berada dalam “Kualifikasi sedang sampai tinggi”; (2) Perhatian orang tua siswa SMK swasta di wilayah Kota Administrasi Jakarta Selatan, berada dalam “Kualifikasi sedang sampai tinggi”; (3) Hasil belajar Sejarah Indonesia siswa SMK swasta di wilayah Kota Administrasi Jakarta Selatan berada dalam “Kualifikasi tinggi“; (4) Perhatian orang tua berpengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar Sejarah Indonesia; (5) Motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar Sejarah Indonesia; (6) Perhatian orang tua dan motivasi belajar berpengaruh positif dan nyata terhadap hasil belajar Sejarah Indonesia siswa SMK swasta di wilayah Kota Administrasi Jakarta Selatan

Downloads

Published

2021-02-25

How to Cite

Rahman, A. (2021). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia . Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(02), 171–180. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i02.95