Penggunaan Aplikasi TEAMS dalam Pembelajaran Jarak Jauh di SMAN 18 Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v2i02.96Keywords:
aplikasi TEAMS; pembelajaran jarak jauh; adaptasiAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana adaptasi siswa kelas X terhadap tenaga pengajar dan pembelajaran melalui aplikasi TEAMS dari Microsoft Office 365 pada proses Pembelajaran Jarak Kauh selama masa pandemi sekarang ini. Metode yang digunakan penulis adalah penelitian kuantitatif dengan analisis deskriptif dengan melakukan observasi dan menyebarkan angket secara online kepada siswa kelas X. Berdasarkan hasil observasi dan angket menunjukkan bahwa dengan menggunakan aplikasi TEAMS siswa bisa belajar dengan baik, memberikan kesempatan untuk semakin mudah belajar dan siswa merasa senang karena bisa bertemu dengan guru dan bisa mendapatkan penjelasan dari tugas dan materi oleh guru meskipun secara virtual. Kesimpulannya siswa merasa aplikasi TEAMS telah memberikan mereka kesenangan dan kesempatan untuk tetap belajar di rumah dengan mudah selama proses Pembelajaran Jarak Jauh. Siswa dan guru tetap dapat melaksanakan proses belajar mengajar dengan efektif dan dapat melakukan adaptasi pembelajaran di masa pandemi covid 19 dengan menyenangkan meskipun harus belajar menggunakan aplikasi teknologi yang membutuhkan internet dan ponsel pintar atau komputer. Siswa dan guru saling menjaga semangat untuk melaksanakan proses belajar karena pendidikan tidak boleh terputus.