Analisis Kemampuan Guru dalam Meningkatkan Pengelolaan Penilaian Rubrik di Sekolah Dasar Negeri No.174566 Hutabarat

Authors

  • Tiurma Silalahi SDN 174566 Hutabarat, Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v2i02.99

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan menyangkut kinerja dan kompetensi guru di dalam melaksanakan profesi yang dapat meningkatkan mutu pembelajaran di SDN No.174566 Hutabarat Tahun Pelajaran 2019/2020.  Dalam hal ini ada beberapa hal. Salah satunya adalah tentang merumuskan dan mengelola penilaian rubric yang sangat dibutuhkan dalam kerangka memenuhi system penilaian pada Kurikuum 2013. Oleh karena itu guru dituntut untuk mampu mengelolanya dengan benar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan sekolah (PTS) konsep pokok penelitian tindakan terdiri dari empat komponen pokok yang menunjukkan langkah-langkah sebagai berikut: perencanaan atau planning, tindakan atau acting, pengamatan atau observing dan refleksi atau Reflecting. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru di SDN No.174566 Hutabarat Desa Hutabarat Parjulu Kecamatan Tarutung Kabupaten Tapanuli Utara Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 7 orang. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasantersebut di atas, maka dapat disimpulkan bahwa Lesson Study telah memberikan kesempatan yang luas kepada kepala sekolah  Sebagai peneliti bersama guru untuk dapat saling bertukar pikiran dan pengalaman,  merasakan adanya manfaat atas pelaksanaan penelitian ini  untuk meningkatkan kompetensinya.

Downloads

Published

2021-02-25

How to Cite

Silalahi, T. . (2021). Analisis Kemampuan Guru dalam Meningkatkan Pengelolaan Penilaian Rubrik di Sekolah Dasar Negeri No.174566 Hutabarat. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(02), 316–327. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i02.99