Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menerapkan Pembelajaran Tematik Melalui Teknik Supervisi Individual

Authors

  • Katarina Tampubolon SDN 174566 HUTABARAT

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v2i02.104

Abstract

Dalam proses pembelajaran tematik, aspek siswa harus sebagai perhatian utama, kegiatan belajar tidak lagi berpusat pada guru (teacher centre) & guru wajib menyajikan pembelajaran menggunakan banyak metode, supaya pembelajaran dapat berlangsung menggunakan efektif dan berguna bagi siswa, maka metode yang dipilih wajib dapat membuatkan kreatifitas mereka sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan peserta didik. Apabila dikaitkan dengan tingkat perkembangan anak, pembelajaran terpadu adalah pendekatan pembelajaran yang memerhatikan dan menyesuaikan anugerah konsep sesuai dengan taraf perkembangan anak. Oleh karenanya, ketua sekolah hendak menaikkan kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran tematik melalui teknik supervisi individual. Supervisi pada global pendidikan sangatlah penting. Hasil refleksi siklus I merupakan hasil pembelajaran tematik dalam daur I homogen-homogen 42,83 (B) Guru yg mendapatkan nilai C 2 orang yang menerima nilai B tiga orang dan yang mendapatkan nilai A 1 orang. Kegiatan pelaksanaan pembelajaran melalui peer teaching menampakan meningkat dibanding output kondisi awal yang rata-ratanya 37,16 (C) peningkatannya 13,23% namun masih ada guru yg mendapat nilai cukup 2 orang maka perlu adanya tindakan siklus II. Hasil refleksi siklus II merupakan berdasarkan data output pembelajaran tematik pada siklus II homogen-homogen 63 (A) Guru yang menerima nilai B 2 orang dan yang menerima nilai A 4 orang. Kegiatan aplikasi pembelajaran melalui aktivitas supervisi individual lebih meningkatkan kemampuan guru pada menerapkan pembelajaran tematik. Siklus II ini menunjukkan meningkat dibanding hasil siklus I (B) peningkatannya 32,01% dan sudah NIR terdapat guru yang mendapatkan nilai C. Maka NIR perlu dilaksanakan siklus III karena sudah terbukti peningkatan kemampuan guru pada menerapkan pembelajaran tematiknya.

Downloads

Published

2021-02-25

How to Cite

Katarina Tampubolon. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menerapkan Pembelajaran Tematik Melalui Teknik Supervisi Individual. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(02), 220–228. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i02.104