Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction) Melalui Media Kartu Bergambar dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Pantun
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v2i02.92Keywords:
model pembelajaran ARIAS; media kartu bergambar; keterampilan menulis pantunAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Proses pembelajaran menulis pantun menggunakan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction) dengan media kartu bergambar pada siswa kelas VII.1 SMP Negeri 5 Depok; (2) Peningkatan keterampilan menulis pantun menggunakan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction) dengan media kartu bergambar pada siswa kelas VII.1 SMP Negeri 5 Depok; (3) Perubahan perilaku belajar siswa kelas VII.1 SMP Negeri 5 Depok dalam mengikuti pembelajaran menulis pantun menggunakan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction) dengan media kartu bergambar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Kumpulkan data melalui pengujian dan non-pengujian. Alat pengumpul data berupa pedoman observasi, jurnal, pedoman wawancara dan lain-lain. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa penggunaan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Evaluation, Satisfaction) dengan media kartu mitra untuk pembelajaran rhyme mengalami peningkatan yang sangat pesat. Hal tersebut terlihat dari rata-rata periode pertama sebesar 78,25. Pada Siklus II rata-rata 85,83 atau meningkat 7,58. Demikian pula dengan perilaku belajar siawa. Perilaku belajar siswa mengalami perubahan ke arah lebih baik dari sebelumnya.